Bekerja di Kapal Pesiar

Posted by D. GIBSON S"tak | 1/25/2010 01:28:00 PM | , , | 0 comments »

Bekerja di Kapal Pesiar

 
 

- Persiapan Teknis


Berikut ini beberapa hal yang kiranya bisa menjadi tambahan pengetahuan terutama bagi pemula yang ingin berburu kesempatan bekerja dikapal pesiar.
1. Communication Skill. Bahasa Inggris masih menjadi ’senjata utama’ dan syarat mutlak yang harus dikuasai sebelum melamar bekerja di kapal pesiar. Kemampuaan Bahasa Inggris disini tidak semata2 karena sudah kursus dan mendapat sertifikat tetapi sejauh mana bahasa itu dikuasai dan dijiwai sebagai suatu alat komunikasi. Seorang sarjana sastra inggrispun belum tentu punya skill komunikasi yang bagus. Crew kapal berasal dari berbagai negara dimana bahasa Inggrisnya agak berbeda dengan yang biasa kita pelajari di tempat kursus/sekolah/bangku kuliah. Be smart dalam memilih tempat kursus dan prakteklah lebih banyak, jangan terlalu pusing dengan masalah tata bahasa.
2. Job Skill. Kapal pesiar sering diistilahkan dengan floating hotel (hotel terapung) jadi lowongan2 yang tersedia di kapal pesiar sangat similar dengan posisi2 pada hotel2 di darat. Pendek kata, lowongannya sebagian besar hotel related jobs. Secara umum, crew yang berasal dari Indonesia biasanya menempati posisi2 pada department Food Beverages (waiter, bartender, cook, steward, bushboy etc) dan department Housekeeping. Ada juga beberapa di Front House dan juga bagian teknisi. Dengan mengetahui lowongan2 apa yh umumnya tersedia maka sejak dini kita bisa mempersiapkan diri untuk mengasah skill di bidang tersebut baik itu melalui kursus2 kapal pesiar atapun ikut program2 D1/D3 perhotelan.
3. Job Training. Satu2nya kesempatan untuk mempraktekkan segala yang didapat di sekolah adalah dengan cara mengikuti on the job training di hotel2. Disinilah saatnya untuk menerapkan dan belajar mengenal bagaimana sebenarnya lingkungan kerja di hotel itu. Di samping itu, sertifikat job training akan sangat membantu sebagai pelengkap dalam surat lamaran. No matter bagaimana bagusnya angka2 pada ijasah sekolah perhotelan anda kalau tidak didukung oleh pengalaman kerja (at least job training), semua itu akan menjadi kurang meyakinkan. Bagi yang sedang memikirkan untuk ikut program D1/D3 di sekolah2 perhotelan sebaiknya ditanyakan dulu apakah ada program magang atau training di hotel.
4. Swimming Skill. Sudahkah anda bisa berenang dilaut? Jika ragu ada baiknya coba dulu berenang di laut bukan di kolam apalagi di empang hehe. Kemampuan renang adalah salah satu syarat survival.
5. Kelengkapan Administrasi. Dimanapun melamar pekerjaan, syarat administrasi pasti ada. Begitu juga melamar pekerjaan di kapal pesiar. Secara umum yang perlu dipersiapkan adalah
- Surat Lamaran (dalam bahasa Inggris)
- CV (dalam bahasa Inggris)
- Copy ijasah terakhir
- Sertifikat sekolah perhotelan
- Sertifikat pengalaman kerja/on the job training
- Sertifikat Bahasa Inggris
- SKCK dari kepolisian
- dan dokumen2 pendukung lainnya.
Setelah kelima hal diatas dipersiapkan dengan matang maka saatnya untuk mulai berburu lowongan kerja di kapal pesiar. Pada postingan selanjutnya kita akan sama2 belajar trik2 berburu lowongan kapal pesiar.

Klik di sini "Untuk mendapatkan buku  tentang Hotel dan Kapal Pesiar" Masukkan Code ini K1-D7C6Y3-4

Agen Kapal Pesiar:

PT. Rekreasidunia Lintas Khatulistiwa (Redlink)




a Lintas Khatulistiwa (Redlink)


Category(s) :
Agen Kapal Pesiar

Alamat : Gedung Primagraha Persada
Jalan Gedung KesenianNo. 3-7, 8th FL
Indonesia 10710 (Senayan)


Telepon : 38900051 | Fax : N/A | Email to PT. Rekreasidunia Lintas... | Website |

Baca Selanjutanya :\



dapat anda hubungi : International Manning Services - PT. Cipta Wira Tirta
   Email :  wms.recruitment@gmail.com

 Mau Tahu Kehidupan Crew Kapal Pesiar? Klik disini (Login untuk bisa masuk ke halaman utama.




0 comments

Free Music 4 U