Bekerja di Kapal Pesiar

Posted by D. GIBSON S"tak | 2/18/2010 02:59:00 PM | | 1 comments »

Ingin Mengetahui dan Mencoba Bekerja Di Kapal Pesiar?




Silahkan mainkan MP3 di samping kanan biar ga bosanan. Sengaja saya sediakan buat anda karena tulisannya panjang. Tapi ga ada kopi n donatnya ya..^-^
(Mungkin sudah banyak informasi tentang bekerja di Kapal Pesiar di posting oleh beberapa teman dan agen-agen perekrutan awak kapal pesiar, ini adalah salah satu tulisan yang saya buat sebagai tambahan berupa informasi yang berdasarkan pengalaman pribadi saya).
       
Banyak diantara teman2 mungkin pernah mendengar dan berkeinginan untuk bekerja di Kapal Pesiar. Tapi kurang memiliki informasi yang cukup tentang pekerjaan ini. Bagaimana caranya, Latar belakang pendidikan yang diharuskan, bagaimana kehidupan di kapal nantinya. Persyaratan2 apa yang harus dipenuhi. Mungkin juga biaya-biaya apa yang harus dipersiapkan.
Pertanyaan itu bukan saja diajukan oleh teman2 yang lulusan sekolah umum, tapi oleh teman2 yang lulusan sekolah perhotelanpun belum tentu punya informasi yang cukup tentang pekerjaan ini.
Sebagai salah satu anak Indonesia yang bekerja di Kapal Pesiar, saya ingin membagi2 informasi tentang pekerjaan ini. Mungkin anda punya rencana untuk mencoba bekerja di Kapal Pesiar juga.
Terus terang, bekerja di kapal pesiar ini ada enak dan tidak enaknya juga. Tentunya memang yang namanya bekerja itu sudah pasti ada enak, dan tidak enak bukan?
Dari segi enaknya memang banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan selama bekerja di Kapal Pesiar. Kita sudah Pasti di bayar lebih dari pada di Indonesia. Untuk Gaji posisi terendah sekalipun seperti Cleaner, bisa mendapatkan gaji setara Manager Hotel di Indonesia. Rata2 pendapatan untuk posisi ini sebesar US$ 500. Setara Rp. 5 juta rupiah. Dan ini berlaku untuk hampir semua Cruise Line di Amerika dan Eropah. Kalau di Asia mungkin sekitar Rp. 3 jutaan. Dan diatas posisi itu bisa mendapatkan lebih antara US $ 500 hingga US$ 3000 tergantung posisi anda nantinya. Sebenarnya bukan perusahaan yang mengaji anda sebesar itu, tetapi karena sistem TIPS yang diberlakukan kepada tamu2 kapal. Jadi semakin Baik anda bekerja, dan bisa menyenangkan tamu, maka semakin banyak TIPS yang anda Dapatkan.
       Nah, gaji yang lumayan tinggi ini merupakan suatu shortcut/jalan singkat untuk untuk memenuhi kebutuhan kita di banding kalau kita bekerja di Indonesia. Tapi dengan satu catatan bahwa anda harus bijaksana dalam mengelola keuangan Anda. Kenapa? Ini Adalah kesempatan yang bagus untuk mengumpulkan uang untuk segera bangkit dari keadaan anda yang sebelumnya. Tapi semua tergantung motivasi Anda bekerja ke kapal itu untuk apa? Ada juga yang memang sekedar jalan2 keluar negeri gratis sambil bekerja, jadi uang bukan tujuan utama. Cukup berangkat sekali, setelah puas, ga naik lagi. Tapi kalau motivasi anda benar2 untuk merubah hidup, saya sarankan untuk menabung. Terus terang, pengalaman saya selama di kapal, banyak saya melihat teman2 baik itu orang Indonesia maupun dari negara lain yang masih bekerja di kapal walaupun sudah Tua. Kadang saya bertanya "Koq belum pensiun2? Uangnya Pada Kemana? Ga kasihan ama anak- istri? Jawabannya banyak.Tapi dari analisis saya menyimpulkan karena kurang bisaksana untuk menyimpan uang. Mungkin juga duit yang dikirim di habisin ama istri yang ke salon melulu.Beratnya lagi, gitu dah cantik pake uang suami pelaut, eh,. yang nikmatin selingkuhan. Ha..ha....   Wah...wahaya itu...Amit..amit jangan sampe terjadi ama kita2 ya..!!?.  Kebanyakan Begitu. Terkejut mempunyai uang banyak jadi royal, beli apa aja yg kurang berguna untuk kebutuhan sesaat. Bagi saya ga masalah kalo mo beli rumah, tanah, atau aset2 lainnya yg bisa digunakan untuk modal nantinya kalu sudah berniat stop bekerja dikapal. Ya khan?
           Apa keuntungan yang lain? Bisa membantu keluarga juga merupakan suatu kesempatan untuk berbakti kepada orang tua. Kalo masih lajang, hal ini masih gampang dilakukan. Beda ama kalo dah sempat married baru naik kapal. Ribet urusannya. Ya khan? Bekerja dikapal saat masih lajang adalah yang terbaik menurut saya. Cari uang, ilmu dan begitu cukup berhenti dan melamar kerja di hotel bia dapat posisi lumayan juga. Kalo ga mau disuruh2, ya buka usaha dan jadi BOSS.
      Terus apa lagi enaknya? PAsti biaya untuk kebutuhan makan, penginapan, transportasi n segalanya untuk kebutuhan sehari2 bisa di minimalkan karena sudah tersedia. Kenapa saya bilang   ? BAnyak orang mengira semuanya GRATIS. Saya bilang itu benar. Tapi kebutuhan kan bukan itu aja? Kalo nyandar emang ga pengen jalan2? Beli sesuatu kebutuhan pribadi sehari2, nelpon, cari makanan special karena makan dikapal juga membosankan loh. Bayangin menu makanan selama 6-10 bulan cuma itu2 aja yang diputar2. Apalagi lidah orang Indonesia itu manja. Kalo Ga ada sambal susah masuk tuh makanan. Sementara sambal belum tentu ada disediakan. Nah terpaksa kita harus cari2 makanan di luar. Kebanyakan pelaut sukanya ke Chinese Restaurant karena cita raanya sama ama orang Indonesia. Pedas, terasa bumbunya. Sementara di kapal bu,mbu kurang karena ga biaa. Karena Bumbu Mahal kali ya? Sementara di negara kita bumbu adalah satu2nya yg membuat masakan enak dan cukuo murah. Mungkin itu makanya Belanda bisa kaya hanya dengan menjual rempah2 kita jaman VOC dulu kali ya?
Nah kalau teman2 berniat untuk bekerja jauh dari Indonesia harus siap mental untuk itu.
Banyak sich enaknya kalau kerja di kapal. Kalau Pengalaman saya bekerja di Norwegian Cruise LIne, (bukan promo yach) Perusahaan saya ini dah mulai membuat fasilitas2 buat crew biar lebih betah bekerja dan senang selama kontraknya bekerja. Ya tujuannya agar service crew bisa lebih bagus lagi kepada tamu. Seluruh kapal di NCL sudah dilengkapi dengan fasilitas Karaoke, Crew Tour, Crew Band, Meja Billiard, Video Games, Kolam Berendam. Spa/Sauna, crew gym, wireless internet, tenis meja, Kalau suka maen bola n basket juga bisa pakai fasilitas tamu pada malam hari. Semua tergantung kita kalau mau menggunakannya. Dan itu gratis kecuali Crew Bar dan internet.
Jalan2 melihat negara dan kebudayaan lain juga salah satu kelebihannya. Memiliki banyak teman dari negara lain, belajar budaya, bahasa dan pola pikir dan cara kerjanya yang bisa kita ambil manfaatnya.
BAnyak Lagi dech.
Sebelum saya lanjut, saya minum dulu yach.... Sambil nunggu, silahkan dengarkan musiknya sambil cek informasi bisnis dibawah ini.


Oke... Itu adalah salah satu bisnis sampingan saya selain bekerja dikapal. Itu saran dari tamu2 saya orang amerika. Mereka bilang kalau selagi muda cari uang sebanyak2nya selama masih ada kekuatan. Nanti kalau udah tua dan lemah, tinggal nikmati hasil saja. Itu saya lihat sendiri kalau di Amerika itu orang tidak cukup bekerja di satu perusahaan saja. Kebanyak mereka punya 2 atau 3 pekerjaan yang dikerjakan bergiliran di waktu kosong atau setelah pekerjaan intinya selesai. Ya dikarenakan biaya hidup dan keharusan bayar pajak.
Tapi terbukti di saat tua mereka, masih sanggup berlibur dikapal yg biayanya cukup tinggi. Bagaimana dengan kita? Kebanyakan kita sudah puas dengan satu pekerjaan saja bukan? Mulailah memikirkan sesuatu yang baru buat pensiun Anda.

Mari lanjut.
Bicara tentang tidak enaknya... bukan dukanya. Kesannya kalo duka gimanaaa... gitu...
Saya kira kita semua setuju yang namanya kerja ya.. ga ada yang enak. Kecuali kita bisa menggunakan hobby kita menjadi pekerjaan. Seperti acara kuliner yang kerjanya makan dan bilang 'mak nyoss" dapat duit.Tapi khan ga semua bisa begitu.

       Nah itulah hidup. Segala sesuatu itu ada konsekwensinya. Kita harus rela meninggalkan keluarga dalam masa tertentu mungkin antara 6-10 bulan. Makin bagus posisi anda, semakin singkat kontraknya. Rasa rindu kepada anak, istri, orangtua, pacar terkasih, teman2 dan segalanya harus bisa kita pendam. Tapi karena teknologi sekarang, hal itu sudah bisa diatasi. Nelpon dan sms-an adalah hal yang sering kami lakukan. Apalagi di kapal ada satelit sendiri. Walau dilaut sekalipun, di tengah samudera, kita bisa terima sms dan balas sms. Biasanya Telkomsel dan ProXL dah bisa digunakan. Mentari belom. Cuma didarat aja. Tapi lebih murah. NAh yang lebih hebat lagi selain nelpon n sms adalah chatting dengan webcam internet menggunakan Yahoo Messenger atau Skype. Jadi kita bisa ngobrol langsung dgn melihat wajahnya. Jadi kita bisa melampiaskan kerinduan melihat pacar atau istri/anak. Dan bisa cium mereka. He... yang kena monitor aja cing... Tapi bisalah...slowmotion. Mudah2 teknologi kedepan bisa lebih bagus lagi. melalui Sayang gambarnya lambat seperti
Terus Apa lagi?
Kita harus siap bekerja 7 hari se minggu selama kontrak kita. So, ga ada istilah 'Day Off' coy.. Tiap hari kerja. Kecuali di bagian 'Dining Room' biasanya ada kesempatan off 1/2 hari. Lumayan juga.
Untuk mengatasi itu, kita jangan menganggap itu suatu beban. Bekerja aja seperti biasa, serius kalau waktunya serius. Sisanya dibawa enjoy. Toh juga kalo kerja ga selalu sibuk. Anggap seperti biasa biar ga jadi beban. Toh juga Dalam seminggu itu kapal bisa 3 sampai 4 kali nyandar. Ntar bisa rileks jalan2 diluar.
Nah. Paling cuma itu yang mungkin menjadi ketidak enakannya saya rasa. Dan itu sudah terjawab jalan keluarnya.
Yang penting menurut saya adalah kebijakan kita untuk memanfaatkan kesempatan yang kita dapat untuk memperbaiki tingkat hidup kita kedepannya.

Pesan Saya kalau suatu saat anda berhasil untuk bekerja di kapal adalah Anda harus Siap Bekerja Keras, Mandiri, dan Menjaga Kesehatan .Manfaatkan penghasilan untuk menabung biar cepat pensiun. Jangan Sombong mentang2 gaji besar. Toh banyak juga pekerjaan yang ada di Indonesia bergaji besar. Buktinya banyak orang kaya tanpa harus ke kapal. Mungkin dari harta keturunan/bisnis keturunan, BIsnis internet yang saya tampilkan diatas juga terbukti bisa bikin kaya dengan modal dikit kalau anda berminat mencari tambahan. Dan pastinya semua itu memerlukan proses. Asal Mau.

Nah dibawah ini ada salah satu sekolah di jakarta yang mempunyai program untuk belajar untuk bekerja di kapal pesiar. Waktu dan biayanya mungkin bisa anda coba untuk menghubungi langsung. Dan kebetulan ada penerimaan di bulan ini untuk belajar di Bulan Maret. Dan Saya dengar anda langsung dicarikan kapal untuk tempat bekerja. Dan Anda harus lulusan SMA/SMK. Kalau lulusan lain saya kurang tau, tapi bisa anda cari tau dengan mengirim email ke Kantornya. 




           Satu hal yang perlu anda ketahui sebelum menjadi korban-korban agen-agen nakal. Jangan percaya kalau anda di iming-iming-in kalau anda akan langsung bergaji 10 ampe 20 jutaan. Itu Bohong Besar. Apalagi anda adalah orang baru di perhotelan, posisi yang anda dapatkan di kapal sebagai seorang utility dining room, utility galley, cleaner/ pool deck staff. Dan berkata kalau modal anda tersebut akan bisa kembali dalam 2 bulan bekerja. Hingga Anda nantinya rela maksain orangtua anda untuk menyediakan dana buat modal kekapal. Apalagi sampai nyuruh ortu ngutang? Berat! Kasihan Orang tua. Hal-hal begitu sering dijanjikan oleh oknum2 agen2 Indonesia yang nakal. Gaji besar, modal kembali dalam 2 bulan, promosi dikapal. Semua Itu NON SENSE my friend. BULL S>>T. Kenapa saya berkata begitu? Karena saya sendiri adalah anak kapal juga. Saya sering dengar keluhan2 teman2 yang jadi korban janji-janji palsu agen nakal. Banyak teman2 kita yang baru pertama naik kapal terbebani untuk melunasi hutang2 untuk modal berangkat, jual atau gadai sesuatu buat modal. Ternyata gak bisa segera dilunasi seperti janji2 agen nakal tersebut. Sementara yang saya ketahui kalau biaya2 berangkat itu dari tiket ampe dokumen2 udah di sediakan oleh perusahaan. Kita cuma menyediakan dokumen seperti Passport dan Sertifikat keterampilan Pelaut (BST).  Banyak agen yang mengatakan biaya itu adalah untuk tiket kita yang setahu saya itu disediakan oleh perusahaan kapal yang meng hire anda. Mungkin kalimat2 saya ini akan menyinggung agen2 nakal tadi kalau di baca sama mereka. Tapi di sini saya cuma menuntut anda untuk berhati2. Banyak korban teman2 se bangsa di kapal yang menjadi korban, sementara oknum agen tadi bagi-bagi duit and happy-happy pakai duit anda. Apa Anda mAu?. Terus Terang saya katakan untuk tidak percaya hal-hal seperti itu. SEMUANYA PERLU PROSES...!!! Kenyataan yang ada, setiap orang Indonesia yang mau bekerja di Kapal, di wajibkan memiliki Keterampilan dan pendidikan tinggi. Tapi sayangnya, Agen di Indonesia ga punya daya jual ke Perusahaan Asing. Cuma cari untung. Ga berani minta posisi yang baik. Seringkali kita diwajibkan harus training mahal2 dan pendidikan tinggi2, ternyata dikirim cuma sebagai Cleaner dulu. Bayangin? Begitulah Agen kita ngasih posisi buat orang INDONESIA yang terdidik. Nah, sapa bilang cleaner bergaji 20 jtan? n bisa balikin modal dalam 2 bulan seperti yang dijanjikan oleh agen nakal tersebut? Sedang gaji cleaner hanyalah 5 jutaan, bersihnya bisa nyimpan 3 jutaan untuk dikirim. Apa betul gaji segitu bisa balikin modal anda dalam 2 bulan seperti yg dijanjikan? Tidak bukan. Saya ingin anda siap untuk hal ini. Pada prinsipnya memang, ibarat buka usaha, kita perlu modal, Kalau dikapal yg pasti kita mendapatkan pekerjaan, tentunya ada penghasilan yang diharapkan hingga waktu tertentu. Semampu kita menjalaninya.
Saya cuma berharap semoga Agen2 tidak menari di atas penderitaan anak kapal (new crew) yg di kibulinnya. Paling tidak sistemnya diperbaikilah. Emang mau nafkahin anak istri dengan cara-cara begitu? Amit-amit dech. Terus, punya daya jual donk ama crew Indonesia. Masa lulusan sarjana dikirimin sebagai cleaner? Busyet dech.. Sedangkan dari negara lain seperti Filipina yang tamat SMA bisa dapat posisi lebih baik karena agennya nuntut crew mereka dikasih posisi bagus.
Beruntung saya tidak melalui hal2 tersebut karena awalnya saya bekerja di Kapal tidak melalui agen2 nakal itu. Kebetulan pada saat kuliah di PARWIS USU tahun1996  Medan, saya sempat melamar Agen Kapal di Medan, Bermodalkan passport doaank. Sayang Agennya dah Gak ada Lagi. Mungkin itu adalah agen penunjukan langsung buat recruitment STAR CRUISE dulu. Dari Kapal Star Cruise tadi saya pindah ke perusahaan sekarang NCL tanpa melalui agen, Saya kirim lamaran dan email langsung. So semuanya GRATIS. Syukurlah saya tidak melalui hal-hal seperti itu dan sekarang saya punya posisi yang lumayan enak dan menyenangkan. Uang Lumayan, kerja nyantai n punya anak buah. Itu juga karena saya sempat sekolah lagi di AHLA Michigan melalui distance learning. Tapi Belum kepikiran tuk berkarir lama di kapal lama2. Moga2 bisa kecapai tuk pensiun muda.
Karena Melihat teman2 yang jadi korban inilah makanya saya ceritakan  permasalahan2 di atas supaya tidak terjadi kepada Anda my friend.
Berminat untuk Bekerja di kapal? Tapi berhati hati ya... jangan langsung mundur dulu coy... Tapi Kalau Bisa cewek ga usah ikut-ikutanlah kerja di kapal. Pikir matang2 ke depan nantinya. Ya kalau di ijinin ama suaminya ga jadi masalah. Kalau masih single baiknya ga usah dech. KASIHAN kamunya Ntar. Tapi semua kembali ke ANDA.

Ini ada informasi penerimaan pendidikan Kapal Pesiar di Jakarta
National Hotel School
Membuka Kelas Baru bulan Maret 2010
Pendaftaran di buka tanggal 02 February 2010 s/d 25 February 2010
Pukul 09.30 s/d 15.00
Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami

National Hotel School
Jl. Tarumanegara No. 39-37, Pisangan, Ciputat
Jakarta Selatan
Telp : 021 747 0 1515
Itu adalah kutipan dari brosurnya. Hanya untuk membantu menginformasikan saja.

Ada juga Agen yang mencari karyawan dulu lalu mentrainingnya setelah lulus interview dan di terima. Ini khusus untuk bekerja di Holand America ( HAL ). Perwakilannya adalah SBI-Sumber Berkat Insani. Berkantor di Menara Sudirman Lt. 16
Biasanya mereka akan mengadakan suatu penerimaan setiap tahun. BAik itu di jakarta, Medan, ataupun di BAli. JAdi anda harus aktif mencari informasi tentang itu.
Sedikit tentang test yang akan ditanyakan adalah seputer pengetahuan Perhotelan. Tergantung posisi yang anda lamar. Kalau di housekeeping, pelajarilah tentang housekeeping, peralatan dan mesin kerja yang biasanya di pergunakan di Housekeeping, dan juga mengenai chemical. Step-step melakukan suatu pekerjaan seperti bedding, cleaning, . Begitu juga apabila anda melamar posisi COOK, Dining ROOM, Bar atau posisi lainnya. Pelajarilah tentang pekerjaan itu, Peralatan/perlengkapan kerja. Langkah2 melakukan pekerjaan itu dari awal hingga selesai. Kalau di Dining tentu harus mengetahui jenis2 service, seperti Italian, french, dll. Mungkin nanti saya coba tuliskan jenis2 service di postingan selanjutnya.
Ada lagi ujian yang disebut MARLIN TEST.
Kalau Test sebelumnya anda akan diwawancarai face to face dengan berbahasa Inggris, setelah lulus anda harus melalui tes yang namanya MARLIN TEST. Dan ini menggunakan komputer yang real time. Kebetulan adik saya bekerja di perusahaan HAL ini. BOcorannya adalah. KIta di test tentang pengetahuan tentang Basic English. Maka pelajarilah tentang Grammar, tenses, sentence building, Listening, Reading, Ini biasanya kita pelajari di SMP dulu atau kursus elementary.
Dalam Test ini kita akan berhadapan dengan komputer yang memberikan 100 pertanyaan dan harus dijawab langsung setiap pertanyaan yg diajukan dengan mengisi jawaban yg disediakan. Tepatnya Pilihan Berganda/Multyple Choise. Tapi, setiap pertanyaan harus di jawab langsung. Waktunya biasa di beri satu menit setiap pertanyaan. Apabila anda telat menjawab, maka akan maju ke pertanyaan selanjutnya dan tidak akan kembali lagi ke pertanyaan tersebut. Jadi anda harus cepat dan tepat. Saat itu juga anda diberikan head set untuk mendengarkan kata2 yang disebutkan dan anda harus memberi cek di jawaban, kata apa yang disebutkan tadi. Nah kata-katanya biasanya kedengaran mirip, tapi bermakna lain. Anda harus menyesuaikan dengan kalimatnya. CONTOH.. " still dan steal' kedengaran sama bukan? Tapi artinya tidak sama. Still=masih, steal=mencuri. Tinggal anda mencocokkan kalimat selanjutnya. Begitu.
Biasakanlah menonton film barat tanpa melihat terjemahannya agar anda terbiasa. Pasti bisa.
Dalam tes marlin tersebut, anda harus bisa mendapatkan minimal score 70 untuk lulus.
Setelah lulus, maka tinggal urusan2 selanjutnya yg akan anda penuhi. Tapi yakinlah. kalau anda sudah lulus tahap ini, maka yang namanya bekerja di kapal sudah di depan mata. Tinggal test kesehatan, pengurusan dokumen passport dan visa ama pendidikan aja yg harus di lalui.
SBI sebelumnya mengratiskan biasa pendidikan, malah diberi gaji/uang saku selama belajar 2 minggu lengkap dengan fasilitas asrama, makan dan minum. Tapi Entah mengapa sekarang mereka meminta biaya US$ 500 untuk biaya training aja. Bisa dicicil $ 250 dulu, ntar sisanya di potong gaji nantinya. Kalau hitung2 menurut pengalaman adik saya, bisa menghabiskan +/- 15 jt an. Disebabkan, adik berasal dari Medan so harus ngekost di JKT untuk bebrapa lama untuk pengurusan dokumen dan biaya training serta ongkos2 dan biaya hidup selama proses pemberangkatan. Lama proses bisa mencapai 3 bulanan. Disitu kita harus mendapatkan training keterampilan pelaut. Bahasa Bataknya =BST (basic safety trainnig). Biaya lebih kurang 1 juta, Medical check up dengan biaya sekitar Rp. 600 rban. Itu kalo anda sehat. Kadang Dokternya suka manfaatin calon atau pelaut untuk nyikat uang anda dengan embel2 harus beli obat/tebus resep, gigi anda yang harus di tambal lah. Ya gimanalah mental2 rampok berkerah putih. So Anda Harus pintar2 berkilah. Itulah kita orang Indonesia sekarang. Terpelajar tapi bermental rampok. Susahnya lagi, organisasi KPI kita belum mengambil langkah2 untuk mengatasi itu. Tapi saya rasa kalaupun ada, ya UUD juga. Ujung Ujungnya Duit. Dan Pelaut biasanya jadi bulan2an karena dianggap banyak duit. Tapi Apa anda rela, duit yang anda cari dengan bersusah payah harus keluar dengan cara itu? Jangan Ya...!!!
Itulah salah satu motivasi saya menuliskan ini semua supaya teman2 calon pelaut ataupun yg sudah bekerja di kapal untuk dapat menghindari sistem2 tadi, kita perbaiki pelan2, sedikit demi sedikit. Supaya kebiasaan2 mereka morotin anak kapal bisa hilang. Semuanya tergantung kita apa mau kasih kesempatan buat mereka. Kalau di biarin ntar jadi makin kebiasaan. Maaf kalo tulisannya jadi melenceng. Tapi hal2 seperti tadi harus anda ketahui sebelum maju ke Medan Perang.
Apa Lagi? YA sudah pasti untuk pengurusan2 dokumen semuanya melalui birokrasi. Bagai buah simalakama, Ga dikasih, berkas susah keluar, dikasih, jadi kebudayaan jelek. TApi begitulah. Sama seperti di Airport pada saat pulang n cap passport di bagian imigrasi, petugasnya bilang, " anak kapal ya pak? masa ga ada turun jangkarnya?" Ngerti kan maksudnya? Uang Jangkar Coy. HArusnya di selipin di passport sebelum diserahin untuk di stempel petugas imigrasi. Tapi saya orangnya bandel. Orang BAtak coy. Menurut saya, dokumen saya lengkap, dan saya warga negara Indonesia, Masa petugas menolak saya untuk pulang ke negara saya sendiri kalau saya ga sisipkan uang? Tapi bisa aja sich mereka cari2 kesalahan biar kita lama di bandara. Korbannya kebanyakan WNI keturunan yang saya lihat selama ini. Terus apa jawaban saya kepada petugas imigrasi di airport Jakarta tadi? Saya cuma bilang, "Bapak petugas Imigrasi atau Pengemis ya? Bapak Kerjanya enak, cuma cok stempel dapat gaji. PNS lagi!" Sedang Saya harus pergi jauh2 cari uang." Dasar.!!! Itu yang saya bilang. Eh..petugasnya ngeles... tapi gaji saya khan dikit? Hah? masa kerja cuma duduk2 cok stempel, digaji 2 jtan plus permainan2 imigrasi yg bisa mereka kantongin hampir Rp. 500rb tiap hari dibilang dikit? Bikin emosi aja. Ya khan? Nah Saya laporkan mereka ke Menterinya Pak Patrialis Akbar. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia punya website pengaduan masyarakat, ya udah saya email ke bapak itu tentang mafia di bandara dan pengurusan passport. Ga tahu tuh apa di baca ama Pak Menteri atau Staffnya. Yang penting saya berusaha agar hal2 ini bisa di kendalikan. Toh yang korban juga kita2 yang sering berurusan ama imigrasi. Ya khan?
Oke dech. Buat teman2 yang berminat untuk bekerja di kapal, saya udah jelaskan barusan tentang kehidupan di kapal, sekolah dan agen yang bisa membantu anda untuk kesana. Itu masih sebagian kecil data2 tentang agen kapal yang ada. Tapi info lengkapnya bisa anda dapatkan pada saat anda berkunjung ke agen tersebut. Yang pasti anda harus bertanya. Untuk keterangan tentang agen pernah saya tuliskan di postingan sebelumnya, termasuk beberapa alamat agen, teknik wawancara beserta videonya. Silahkan klik disini untuk mendapatkannya.
Informasi lengkap mengenai Cruise Line yang mungkin anda minati bisa di baca di posting saya di sini.  
Semoga bisa bermanfaat untuk anda. 
Note. Buat Agent Kapal yang membaca, sori bila tulisan ini menyinggung anda. Semoga Bisa lebih baik lagi demi anak bangsa Indonesia.

Silahkan pelajari informasi dibawah ini juga sebagai pengetahuan bisnis buat anda. Mungkin bisa menjadi Salah satu pekerjaan sampingan yang bisa anda jalankan. Dan saya sudah melakukannya koq. 


Related Reading :

 







1 comments

  1. WALL- e // April 22, 2010 at 11:11 PM  

    mas aku apply jadi florist di HAL tapi aku juga nemuin di internet kalau itu ternyata penipuan, karena kita nyata-nyata malah jual voucer dsb dan gajinya sangat rendah di banding kapal lain

Free Music 4 U